Contoh Surat Peringatan

Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan referensi format surat peringatan dengan berbagai macamnya, kali ini saya akan mengulasnya untuk Anda. Ada beberapa jenis surat peringatan. Apa aja macam-macam surat peringatan itu? Silakan di simak kumpulan contoh surat peringatan yang benar sebagaimana dijabarkan dibawah ini.

Surat Peringatan


Surat peringatan adalah bagian dari surat formal atau surat resmi. Surat peringatan bisa berupa peringatan untuk karyawan, peringatan dalam keorganisasian, peringatan untuk guru, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh surat peringatan yang barangkali sesuai dengan keperluan Anda saat ini.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Peringatan Karyawan


Tanggal: 19 April, 2018

SURAT PERINGATAN


Nama:
Jabatan:
Manajer:
Staf HRD:

(Nama perusahaan) menyadari pentingnya menjaga proses kerja yang konsisten dan efektif. Untuk itu, penting pula untuk memastikan karyawan melakukan hal yang sama. Namun disayangkan bahwa (nama karyawan) memiliki perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan untuk menyelesaikan tanggung jawab dan kewajibannya.

Surat peringatan ini dikeluarkan atas kegagalan (nama karyawan) untuk memenuhi peraturan perusahaan dengan melakukan pelanggaran yang terjadi pada (tanggal kejadian), yaitu;

(Penjelasan pelanggaran)

Ini adalah kejadian yang pertama kali terjadi dan dilakukan oleh yang bersangkutan.

(Penjelasan konsekuensi sesuai dengan aturan perusahaan)

Dengan menandatangani surat ini bukan berarti karyawan bersangkutan melakukan pengakuan atas kesalahan yang dilakukan dan tidak perlu untuk menyetujui isi dari surat ini.

Tanda tangan karyawan hanya menunjukkan bahwa karyawan telah menerima surat ini dan karyawan beserta manajemen perusahaan telah berdiskusi mengenai isi surat ini termasuk rencana spesifik perkembangan dan konsekuensi yang harus dilakukan selanjutnya.

(Tanda tangan Karyawan)

Contoh Surat Peringatan Organisasi


Contoh Surat Peringatan Organisasi
Surat Peringatan Organisasi


Contoh Surat Teguran Untuk Guru


YAYASAN NAHDLATUL ULAMA’ MRICO ( YANUMI )
LEBAK KEC/KAB. GROBOGAN
Dsn. Mrico kelurahan Lebak Kec/Kab. Grobogan
===================================
SURAT TEGURAN

Nomor  : 001/ YAYASAN / 2/ 2018
Perihal  : Surat Peringatan/ Teguran
Lampiran : –

Kepada Yth,
Intan Pematasari
di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan pada peraturan ketenagakerjaan Yayasan Madrasah Nahdlatul Ulama’ Mrico (YANUMI) Lebak yang menyatakan bahwa pihak Yayasan wajib memberikan surat peringatan atau surat teguran kepada semua karyawan yang melakukan pelanggaran sebanyak TIGA kali dalam komulasi satu bulan. Mengingat jumlah absensi Saudara Itan Permatasari sudah melewati batas, Sering Tidak masuk dan Sering Terlambat dalam sebulan yakni tertanggal 5 Januari s/d 2 Februari 2017. Maka, kami pihak Yayasan memutuskan memberikan SURAT PERINGATAN PERTAMA ini berdasarkan hal tersebut.

Diharapkan setelah adanya surat ini, maka Saudara bisa lebih baik dan fokus dalam bekerja. Selain itu, agar selalu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak didik. Hal ini semata-mata untuk terus meningkatkan kinerja guru dan juga meningkatkan prestasi anak didik dalam proses pembelajarannya.

Demikian surat teguran ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Ketua Yayasan,



M. Rohman

Contoh Surat Penagihan Pembayaran


KOP SURAT 
--------------------------------------------------

Yogyakarta, 11 Februari 2018

Nomor : ..... / ..... / ..... / .....
Lampiran : .....
Perihal : Penagihan Pembayaran


Yang terhormat,
Bapak Handoyo
Jalan Kebon Agung 11, Mlati, Sleman
Yogyakarta


Dengan hormat,

Berdasarkan perjanjian utang–piutang yang telah dilakukan pada tanggal 1 Desember 2017 lalu, maka dengan ini kami memberitahukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Sesuai perjanjian utang–piutang tercatat bahwa pengembalian peminjaman yang dilakukan oleh Bapak Handoyo telah jatuh tempo pada 31 Januari 2018 lalu. Namun hingga saat ini Bapak belum menyelesaikan seluruh kewajiban tersebut.

2. Dengan ini kami sampaikan bahwa kewajiban yang harus Bapak selesaikan sampai tanggal 31 Januari 2018 berupa pinjaman pokok dan bunga adalah sebagai berikut :

- Pinjaman pokok = Rp. 10.000.000,00
- Bunga pinjaman (10%) = Rp. 1.000.000,00 (+)
- Total = Rp. 11.000.000,00

3. Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud untuk mengundang Bapak untuk hadir di kantor kami guna menyelesaikan proses pelunasan tersebut pada :

- Hari, tanggal : Senin, 12 Februari 2018
- Waktu : Pukul 09.00 WIB
- Tempat : Kantor pusat CV. Artha Jaya Abadi, Jalan Mataram 10, Sleman, Yogyakarta


Perlu diketahui pula jika pada waktu yang telah ditentukan Bapak masih belum menyelesaikan proses pelunasan maka kami terpaksa akan memprosesnya sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
CV. Artha Jaya Abadi




Rahardjo, S.E.
Pimpinan

Contoh Surat Peringatan Sekolah Untuk Siswa


DINAS PENDIDIKAN KOTAMADYA MEDAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123 Medan
============================
SURAT PERINGATAN
Nomor :  655/B/I/2018

Kepada : Anton Sanjaya

Hal : Surat Peringatan 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Menurut data absensi kelas VIII D siswa yang bernama Ahmad Sanjaya pada semester 2 (dua) sering tidak masuk tanpa keterangan (alpa). Berdasarkan peraturan SMA Negeri 1 Medan jika siswa yang sering tidak masuk akan di kenakan sanksi dari Sekolah dan apabila siswa tersebut tidak mengindahkan peraturan yang berlaku di SMA Negeri 1 Medan, maka siswa atas nama Ahmad Sanjaya akan dipindahkan dari SMA Negeri 1 Medan.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti

Wallohul muaffiq illa aqwamith thoriq.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Medan, 21 Mei 2018
Kepala SMA Negeri 1 Medan,



M. Nurdiansyah

Penutup


Demikian tadi beberapa ulasan mengenai referensi surat peringatan dengan berbagai macamnya. Semoga contoh surat peringatan yang saya ulas diatas berguna bagi Anda.

0 comments

Post a Comment